Tuesday 1 July 2014

Langkah-langkah Proses Pembuatan Jalan Aspal

Jalan raya di indonesia pada umumnya menggunakan jalan asphalt, tapi bagaimanakah cara membuat jalan aspal? Bagaimana langkah proses nya hingga dapat menjadi jalan aspal? Berikut urutan kerja pembuatan jalan aspal beserta alat-alat berat dan kegunaanya dalam proses pembuatan jalan aspal.
1. Pembersihan dan Perataan lahan
Sebelum jalan raya dibangun, lahan dibersihkan dahulu dari sampah maupun pepohonan kemudian diratakan. Hal ini dilakukan agar proses pembuatan jalan dapat berjalan dengan maksimal sesuai dengan hasil yang diharapkan
Untuk membersihkan lahan dan menggali maupun menimbun tanah, alat yang digunakan adalah Excavator, jenis excavator dapat anda lihat disini.


Setelah lahan dibersihkan kemudian dilakukan pekerjaan perataan tanah dengan menggunakan alat berat bulldozer atau dozer.
Bulldozer Cat D9r - Blog Alat Berat
Dan untuk memindahkan tanah bekas galian maka digunakan dump truk untuk mengangkut meterial yang akan dipindahkan.
Dump Truck - Alat Berat Blog

2. Penghamparan Material Pondasi Bawah
Penghamparan material pondasi bawah berupa batu kali menggunakan alat transportasi dump truk kemudian diratakan dan dipadatkan dengan menggunakan alat tandem roller
Tandem Roller - Alat Berat Blog
Tandem Roller
Pekerjaan perataan dengan tandem roller di lakukan lagi pada saat penghamparan lapisan pondasi atas, dan lapisan permukaan.
Pada saat penghamparan material pondasi dilakukan pekerjaan pengukuran elevasi timbunan dengan alat teodolit dan perlengkapanya.
Teodolit - alat Berat Blog
Teodolit

3. Penghamparan Lapisan Aspal
Setelah lapisan pondasi bawah selesai dikerjakan, proses selanjutnya adalah penghamparan aspal yang sebelumya sudah dipanaskan terlebih dahulu sehingga mencair.
Untuk menghamparkan aspal digunakan alat Asphalt Finisher.
Asphalt Finisher - Alat Berat Blog
Setelah aspal berhasil dihamparkan dengan elevasi jalan raya yang sudah diukur menggunakan deodolit sesuai perencanaan pekerjaan selanjutnya adalah pemadatan dengan compactor hingga memenuhi kepadatan dan elevasi yang direncanakan
pekerjaan selanjutnya adalah finishing pemadatan dan perataan jalan raya dengan alat peneumatic roller. Untuk jenis dan macam compactor dapat anda lihat disini.
Pneumatic tired roller - Alat Berat Blog
Pneumatic tired roller
Itulah sedikit penjelasan tentang proses pembuatan jalan dengan aspal. Semoga bermanfaat !

0 comments: