Tuesday 1 July 2014

Tips Memilih Ban Untuk Alat Berat Loader


Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa ban adalah aksesories pelengkap dan tidak terlalu berpengaruh pada performa kendaraannya. Mungkin anda perlu sedikit melihat jenis ban, merk dan pola yang ada pada permukaan ban serta ukurannya dibuat berbeda pasti ada tujuan khusus untuk penggunaannya yang sesuai dengan kondisi atau medan yana akan ditempuh oleh ban tersebut.
Maka dari itu, kita akan bahas sedikit tips untuk menentukan jenis ban yang cocok untuk diaplikasikan pada alat berat loader anda.
loaderz - alat berat blog
Loader adalah salah satu jenis alat berat yang digunakan untuk memindahkan atau membawa benda – benda seperti pasir, kerikil, tanah dan batu, aspal. Ada berbagai jenis loader yang tersedia dan setiap jenis loader memiliki kelebihan masing – masing dan tentunya fungsi yang berbeda untuk setiap jenisnya. Lihat disini.
Loader merupakan investasi yang cukup penting dan memakan biaya yang cukup besar bagi para pelaku bisnis. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa loader Anda bekerja dalam kondisi yang terbaik.
Memilih ban loder yang tepat untuk loader Anda adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa mesin Anda beroperasi secara efektif. Pilihan Ban Loader yang tepat memungkinkan loader Anda untuk bekerja lebih efisien dan tentunya mengurangi biaya operasional dan downtime.
Berbagai jenis ban loader yang digunakan untuk front end loader, skid steer, backhoe atau forklift tergantung pada medan atau area tempat alat berat anda bekerja dan berjalan. Ban dengan kembang ‘lug’ ideal untuk traksi sedangkan ban dengan kembang yang lebih halus cocok untuk permukaan berpasir atau berumput dan pola ‘skid tyre’ cocok digunakan di jalan beton.
Jenis ban loader dibahas lebih rinci di bawah :
Pola Kembang LUG
Lug tire - alat berat blog
Ban dengan pola kembang LUG sangat cocok untuk penggunaan traksi. Semakin dalam pola LUG dari ban itu, maka akan semakin baik pula dalam melakukan traksi. Perlu diketahui bahwa ban dengan pola LUG tidak cocok digunakan pada permukaan beton dan permukaan sensitif seperti daerah berumput karena ban jenis ini memberikan tekanan pada permukaan tanah yang cukup tinggi sehingga penggunaan ban pada kedua area tersebut akan menyebabkan ban cepat menipis.
Pola Kembang Industrial LUG
industrial lug tire - Alat berat blog
Ban dengan pola kembang industrial LUG merupakan ban multi-fungsi. Ban ini dapat digunakan untuk permukaan beton dan juga tanah lunak. Jika Anda menjalankan loader Anda di jalan umum, maka ban industrial LUG sangat dianjurkan.
Pola Turf
turf tire - alat berat blog
Pola Turf sangat cocok digunakan untuk permukaan beton keras dan juga untuk permukaan sensitif seperti daerah berumput. Jenis ban ini memiliki jumlah tapak yang banyak dan memberikan tekanan yang rendah pada permukaan, sehingga sangat efisien jika digunakan pada permukaan beton. Pola dari sisi atau pinggiran ban yang halus meratakan beban yang diangkut oleh loader anda ketika bergerak, sehingga kerusakan pada permukaan rumput dapat diminimalkan.
Skid Steer Tread
skid steer tread tire - alat berat blog
Ban loader dengan pola skid steer cocok digunakan untuk pekerjaan berat karena dilengkapi dengan pelindung velg (pelek) dan memiliki lapisan benang yang cukup tebal. Ban loader dengan pola ini bekerja terbaik untuk aplikasi 50 % traksi dan 50 % permukaan yang keras. Ban loader dengan pola skid steer pada umumnya hanya tersedia dalam ukuran kecil, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk compact wheel loader.
Semua jenis ban sebenarnya merupakan kombinasi antara traksi, kekuatan dan daya pakai. Perlu diingat bahwa tidak ada satu ban yang sempurna untuk keseluruhan usia dan beban kerja loader anda terutama jika loader Anda bekerja atau dijalankan pada berbagai macam jenis permukaan seperti pada permukaan yang keras pada suatu hari dan kemudian pada permukaan sensitif pada hari berikutnya.
Yang perlu diingat bahwa Anda harus memilih ban berdasarkan jenis permukaan tempat loader anda bekerja biasanya. Perlu diperhatikan bahwa skid steer loader tidak dapat menggunakan banyak pilihan ban seperti yang dibahas dalam artikel ini karena aplikasi dari jenis loader ini memberikan banyak tekanan terutama pada ban dengan kembang lug, sehingga berpotensi merobek sisi luar ban dengan mudah.
Inilah sebabnya mengapa compact loader yang cenderung berukuran kecil merupakan pilihan utama karena banyak berbagai pilihan ban dapat digunakan dalam berbagai aplikasi jenis loader ini.
Semoga Bermanfaat!
Sumber : berbagai sumber

1 comments:

Prima Global said...

Tyre Maintenance & Management System
Kami menawarkan layanan Tire Management System, Tire Maintenance & Repair on site serta Tire Training & Development,secara sistematis & terintegrasi. Kalau ada kebutuhan perusahaan anda, harap Info lebih lengkap email : pgt.bpn@gmail.com. Telp : 0542-8512815
PT. PRIMA GLOBAL TECHNIC